FAKTA TENTANG BINTANG JATUH
HALAMAN 88-89, 91, 92, 93, 95 PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 2 TEMA 9 KELAS 6
Kunci Jawaban Halaman 88-89
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas atau dengan menggunakan informasi lainnya. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang beberapa hal berikut :
Apa itu Meteoroid?
Benda langit yang berupa potongan batuan/logam yang memiliki sifat melayang-layang, bebas tidak mengelilingi benda apapun di ruang angkasa. Bentuknya kecil, dipercaya sebagai pecahan dari komet dan asteroid
Apa itu Asteroid?
Benda langit yang mengelilingi Matahari. Asteroid berkumpul pada lintasan yang dinamakan sabuk asteroid. Mengandung sedikit logam.
Apa itu Meteor?
Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi sehingga menjadi sangat panas hingga bersinar
Apa itu Meteorid? ( catatan : tambahan dari admin )
Meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan Bumi
Bagaimana terjadinya Meteoroid?
Sebagian besar meteoroid terbentuk karena adanya tabrakan (tumbukan) antar benda langit (bisa planet, komet atau asteroid) satu dengan yang lain, sehingga membuat sisa atau pecahan dari benda yang bertumbukan tersebut. Kemudian pecahan tersebut keluar dari lintasan asalnya.
Bagaimana terjadinya Asteroid?
Asteroid terbentuk dari debu dan es yang membeku menjadi batu karena suhunya yang sangat dingin. Asteroid merupakan sisa-sisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Awalnya ketika Yupiter terbentuk, aktivitas dan gravitasi Yupiter dengan Mars membuat komponen yang lebih kecil di antara mereka saling bertabrakan. Tabrakan ini menciptakan objek kecil yang disebut dengan asteroid
Bagaimana terjadinya Meteorid?
Benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi akibat gravitasi Bumi. Saat masuk ke atmosfer Bumi, terjadi gesekan dengan udara, sehingga benda tersebut menjadi terbakar di atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi.
Merancang Model Tata Surya
Ayo Menulis
Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan fiksi membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan penyelesaiannya.
Perhatikan kembali cerita fiksi di atas, lalu lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri
Kunci Jawaban Halaman 92
Perhatikan kembali cerita fiksi di atas, lalu lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri
Kunci Jawaban Halaman 92
Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di bawah gambarmu
Tukarkan gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.
Jawaban :
Terjadi persamaan karena dalam membuat gambar dan keterangan berpedoman kepada judul cerita dan berpedoman pada alur cerita. Terjadi perbedaan karena imajinasi tiap orang berbeda-beda.
Jawaban :
Terjadi persamaan karena dalam membuat gambar dan keterangan berpedoman kepada judul cerita dan berpedoman pada alur cerita. Terjadi perbedaan karena imajinasi tiap orang berbeda-beda.
Kunci Jawaban Halaman 93
Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.
Jawaban :
Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.
Kunci Jawaban Halaman 95
Ayo Berlatih
Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu memiliki tari khas daerah? Adakah usaha-usaha untuk mengembangkannya menjadi tari kreasi daerah? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut ini.
Carilah informasi tentang salah satu tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu.
Cari tahu tari khas yang dijadikan acuan untuk membuat tari kreasi tersebut.
Kumpulkan informasi tentang tarik khas dan tari kreasi tersebut, lalu catatlah dengan menggunakan tabel berikut
Jawaban :
Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.
Kunci Jawaban Halaman 95
Ayo Berlatih
Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu memiliki tari khas daerah? Adakah usaha-usaha untuk mengembangkannya menjadi tari kreasi daerah? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut ini.
Carilah informasi tentang salah satu tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu.
Cari tahu tari khas yang dijadikan acuan untuk membuat tari kreasi tersebut.
Kumpulkan informasi tentang tarik khas dan tari kreasi tersebut, lalu catatlah dengan menggunakan tabel berikut
TARI KHAS DAERAH
TARI KREASI DAERAH
Hal 96⏩
⏪Hal 85
0 komentar:
Posting Komentar