PERMASALAH SOSIAL DI SEKITAR KITA
HALAMAN 169-170, 171, 172, 174-175 KELAS 5 TEMA 6
Halaman 169-170
Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini
- Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas
- Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya
- Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kamu siapkan
- Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu
- Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf
- Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan
- Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada
- Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya
- Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
- Presentasikan hasil analisis bacaanmu di depan kelas
Kunci Jawaban :
Paragraf 1 :
Tanggung jawab warga negara sesuai perannya
Paragraf 2 :
Akibat warga negara tidak melaksanakan tanggung jawabnya
Paragraf 3 :
Kebiasaan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan
Paragraf 4 :
Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah
Paragraf 5 :
Bangunan liar didirikan di fasilitas umum
Paragraf 6
Kemacetan pada jam sibuk warga
Halaman 171
Masalah sosial di lingkungan tempat tinggal :
Masalah sosial
Kemacetan lalu lintas
Penyebab
Penumpukan kendaraan pada jam sibuk dan tidak patuhnya pengguna jalan menaati peraturan lalu lintas
Akibat
Tidak nyamannya pengguna jalan dan masyarakat
Usaha untuk mengatasi
Membuat peraturan lalu lintas yang lebih baik, sosialisasi tertib berkendara, menambah jumlah jalan
Masalah sosial
Sampah
Penyebab
Kebiasaan buang limbah tidak pada tempatnya
Akibat
Kenyamanan dan kesehatan terganggu
Usaha untuk mengatasi
Program daur ulang limbah, sosialisasi hidup sehat dan berdisiplin
Masalah sosial
Sungai kotor
Penyebab
Kebiasaan membuang sampah/limbah ke sungai
Akibat
Sungai jadi sarang penyakit, banjir saat musim hujan
Usaha untuk mengatasi
Sosialisasi tentang Prokasih (Program Kali Bersih), Menjauhkan pemukiman dari DAS (Daerah Aliran Sungai), Sosialisasi tentang pentingnya sungai dan program kesehatan warga
Masalah sosial
Bangunan liar
Penyebab
Kemiskinan, pembuatan bangunan di fasilitas umum
Akibat
Tidak nyaman dan tidak aman para pengguna fasilitas umum
Usaha untuk mengatasi
Mengentaskan kemiskinan, program rumah susun bagi warga miskin
Tulislah keimpulanmu di sini :
Adanya masalah sosial di sekitar kita mengakibatkan permasalahan bagi semua. Masalah sosial terjadi akibat adanya hak dan kewajiban yang tidak seimbang dan tidak dijalankan oleh warga dengan baik. Semua permasalah sosial tersebut bisa diselesaikan bila hak dan kewajiban semua warga dapat dilakukan secara beriringan
Halaman 172
Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.
Masalah sosial di lingkungan sekolah
Masalah Sosial
Bullying siswa (Intimidasi)
Penyebab
Adanya seseorang atau sekelompok siswa yang merasa lebih kuat dan hebat dari siswa yang lain
Akibat
Ketidaknyamanan siswa lain terutama korban bully sehingga menderita secara fisik, verbal atau emosional/psikologis
Usaha untuk mengatasi
Meningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah, Mempererat persatuan, persaudaraan, dan persamaan kedudukan di mata siswa,
Masalah Sosial
Perkelahian siswa
Penyebab
Tidak adanya rasa persaudaraan dan saling mengasihi
Akibat
Timbul perpecahan di kalangan siswa, tidak nyamannya suasana belajar
Usaha untuk mengatasi
Lebih membiasakan siswa untuk lebih mengenal satu dengan yang lain. Menyalurkan energi untuk kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Masalah Sosial
Kekerasan fisik guru
Penyebab
Kurangnya pengertian dan pemahaman guru
Akibat
Suasana pembelajaran tidak nyaman, siswa jadi takut ke sekolah
Usaha untuk mengatasi
Masalah sosial di lingkungan sekolah
Masalah Sosial
Bullying siswa (Intimidasi)
Penyebab
Adanya seseorang atau sekelompok siswa yang merasa lebih kuat dan hebat dari siswa yang lain
Akibat
Ketidaknyamanan siswa lain terutama korban bully sehingga menderita secara fisik, verbal atau emosional/psikologis
Usaha untuk mengatasi
Meningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah, Mempererat persatuan, persaudaraan, dan persamaan kedudukan di mata siswa,
Masalah Sosial
Perkelahian siswa
Penyebab
Tidak adanya rasa persaudaraan dan saling mengasihi
Akibat
Timbul perpecahan di kalangan siswa, tidak nyamannya suasana belajar
Usaha untuk mengatasi
Lebih membiasakan siswa untuk lebih mengenal satu dengan yang lain. Menyalurkan energi untuk kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Masalah Sosial
Kekerasan fisik guru
Penyebab
Kurangnya pengertian dan pemahaman guru
Akibat
Suasana pembelajaran tidak nyaman, siswa jadi takut ke sekolah
Usaha untuk mengatasi
Pelatihan guru, sosialisasi tujuan pendidikan di sekolah
Masalah Sosial
Bolos sekolah/Telat masuk
Penyebab
Tidak disiplin terhadap waktu
Akibat
Kegiatan pembelajaran terganggu, Tertinggal dengan pelajaran
Usaha untuk mengatasi
Memberikan sosialisasi/bimbingan tentang disiplin dan pentingnya bersekolah
Buatlah kesimpulanmu di sini :
Adanya masalah sosial di lingkungan sekolah dapat menyebabkan tidak kondusifnya/tidak nyamannya suasana pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak untuk menghilangkan/mengurangi masalah sosial tersebut, baik dari pihak siswa sendiri, pihak sekolah/guru, pihak wali murid, pihak komite dan masyarakat. Lebih menekankan tentang pentingnya hak, kewajiban dan tanggung jawab secara bersama-sama.
1. Bagaimana Kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
Kunci Jawaban :
Bolu tersebut memiliki rasa yang sangat khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet
2. Apa saja usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat Bolu ini terkenal?
Kunci Jawaban :
Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara (Bandara) Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya
masyarakatnya?
Kunci Jawaban :
Masalah Sosial
Bolos sekolah/Telat masuk
Penyebab
Tidak disiplin terhadap waktu
Akibat
Kegiatan pembelajaran terganggu, Tertinggal dengan pelajaran
Usaha untuk mengatasi
Memberikan sosialisasi/bimbingan tentang disiplin dan pentingnya bersekolah
Buatlah kesimpulanmu di sini :
Adanya masalah sosial di lingkungan sekolah dapat menyebabkan tidak kondusifnya/tidak nyamannya suasana pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak untuk menghilangkan/mengurangi masalah sosial tersebut, baik dari pihak siswa sendiri, pihak sekolah/guru, pihak wali murid, pihak komite dan masyarakat. Lebih menekankan tentang pentingnya hak, kewajiban dan tanggung jawab secara bersama-sama.
Halaman 174-175
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.1. Bagaimana Kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
Kunci Jawaban :
Bolu tersebut memiliki rasa yang sangat khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet
2. Apa saja usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat Bolu ini terkenal?
Kunci Jawaban :
Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara (Bandara) Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya
masyarakatnya?
Kunci Jawaban :
Usaha Bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan
4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya
masyarakatnya?
Kunci Jawaban :
Bolu Meranti menjadi ciri khas kota Medan
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?
Kunci Jawaban :
.............. (Jawaban beda tiap siswa, sesuai dengan daerahnya)
4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya
masyarakatnya?
Kunci Jawaban :
Bolu Meranti menjadi ciri khas kota Medan
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?
Kunci Jawaban :
.............. (Jawaban beda tiap siswa, sesuai dengan daerahnya)
0 komentar:
Posting Komentar